script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> Tak Banyak Yang Tau Jika Inilah Keuntungannya Bawah Umur Dibiasakan Tidur Lebih Awal..

Tak Banyak Yang Tau Jika Inilah Keuntungannya Bawah Umur Dibiasakan Tidur Lebih Awal..


TipsehatBunda - Sebuah penelitian baru-baru ini mengatakan bahwa bawah umur yang tidur sebelum jam delapan malam meiliki kemampuan yang lebih baik dalam menjaga berat badannya ketika remaja.


Penelitian yang mellibatkan 977 anak tersebut mengamati jam berapa para orang bau tanah menidurkan anak-anaknya di usia 4,5 tahun. Kemudian, para peneliti menilai indeks massa tubuh bawah umur ketika berusia lima tahun.

Hasilnya, hanya 10% dari bawah umur yang tidur pada jam delapan atau lebih awal mengalami obesitas.

Sementara itu, 16% anak yang tidur di antara jam delapan dan sembilan malam mempunyai berat tubuh berlebih.

Selain itu, nyaris seperempatnya yang tidur pada jam sembilan atau di atasnya mengalami obesitas. Baik pria maupun perempuan, hasil yang didapatkan ialah sama.

“Anak usia prasekolah yang tidur pada jam delapan atau sebelumnya kemungkinan kecil mengalami obesitas 10 tahun mendatang,” kata Sarah Anderson, penulis penelitian dan profesor epdemiologi di Ohio State University.

Hal ini menjelaskan mengapa bawah umur harus dibiasakan tidur lebih awal, yakni untuk menekan sang buah hati menderita penyakit obesitas di kemudian hari.

Selain itu, bawah umur juga sama menyerupai orang bau tanah pada umumnya. Tidur lebih awal bagi bawah umur akan memungkinkan mereka untuk mendapat waktu tidur yang cukup supaya bisa bangkit lebih pagi dan menjalani kegiatan dengan lancar. Kurang tidur bagi bawah umur akan menciptakan mood dan semangat anak turun ketika menjalani hari-harinya.

Menurut American Academy of Pediatrics, bawah umur usia 2-3 tahun harus mendapat waktu tidur 9-13 jam tiap malam. Sementara itu, anak dengan usia 3-5 tahun harus tidur sekitar 10-12 jam, dan yang berusia 5-12 tahun harus mendapat waktu tidur paling tidak 8 jam setiap malam.

Jika anak Anda harus bangkit lebih awal di pagi hari untuk sekolah dan lain-lain, Anda harus membiasakannya tidur tidak terlalu malam. Berikut ialah beberapa tips untuk membiasakannya:

1. Mundurkan waktu tidur anak kira-kira 15 menit per hari. Atau, biar tidak kaget, 15 menit tiap 2 atau 3 hari.
2. Biasakan menyalakan lampu yang lebih redup menjelang tidur. Menurut para ahli, hal ini menghipnotis hormon yang mengontrol jam internal dalam diri anak-anak.
3. Hindari kegiatan yang menciptakan anak susah jatuh ke daerah tidur. Misalnya, menonton televisi atau main video game. Kondisikan suasana yang damai ketika menjelang waktu tidur, mungkin segelas susu hangat dan kisah bisa membantu.

Tolong bagikan gosip ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.