script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> Info Kanker Inilah Salah Satu Cara Efektif Untuk Merusak Telinga Anda

Info Kanker Inilah Salah Satu Cara Efektif Untuk Merusak Telinga Anda


TipsehatBunda - Telinga yakni anugerah dari Yang Mahakuasa bagi insan biar sanggup mendengar suara. Tanpa indera pendengaran, maka sanggup dipastikan kita akan menjadi tuna rungu.

Jika Anda mempunyai pendengaran yang baik tapi Anda ingin merusaknya, maka berikut ini ada salah satu caranya yang mungkin bekerjsama telah Anda lakukan setiap hari.


Jika Anda suka mendengarkan musik menggunakan earphone bahkan hingga Anda tertidur dengan kondisi musik masih menyala, maka Anda telah mempunyai kebiasaan untuk merusak fungsi pendengaran.

Dokter dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI Harim Priyono, SpTHT-KL (K) mengungkapkan, kebiasaan tersebut sanggup merusak fungsi pendengaran.

"Sangat disayangkan kadang orang dengar earphone hingga tertidur. Ketika tertidur, kan ia tidak sanggup mendengar lagi, tetapi rumah siput tetap mendapatkan energi bunyi secara berkelanjutan. Bisa terjadi kelelahan pada rumah siput," jelas Harim dalam temu media di Jakarta.

Rumah siput atau koklea yakni bab dalam pendengaran yang berfungsi mengirim pesan ke saraf pendengaran dan otak. Ketika sering ditempa bunyi keras melalui earphone, sanggup terjadi kerusakan saraf atau gangguan sensorineural yang tidak sanggup diperbaiki alias permanen.

"Alat menyerupai itu (earphone) sanggup memompa energi bunyi sangat besar dalam sistem pendengaran," kata Harim.

Kerusakan pada saraf pendengaran pada akibatnya akan menurunkan fungsi pendengaran. Harim mengatakan, kondisi tersebut termasuk gangguan pendengaran akhir bising atau noise induced hearing loss (NIHL).

Nah, itulah alasan mengapa dikala mendengarkan musik atau rekaman bunyi di smartphone pakai earphone akan ada peringatan gangguan pendengaran jikalau Anda ingin meninggikan volume suara.

Jadi, sebaiknya tinggalkan kebiasaan menggunakan earphone berlebihan, apalagi dengan volume bunyi keras, apabila ingin sistem pendengaran tetap berfungsi dengan baik.

Apakah Anda benar-benar berminat merusak pendengaran Anda?

Yuk, bagikan artikel ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda...