script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> Obat Herbal | Sakit Maag Akut Apa Obatnya?

Obat Herbal | Sakit Maag Akut Apa Obatnya?

Maag ialah kondisi saat lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Maag berasal dari bahasa Yunani yaitu gastro, yang berarti perut/lambung dan itis yang berarti inflamasi/peradangan.
Lambung intinya ialah sebuah kantung otot dimana masakan dicerna. Ketika masakan masuk ke lambung, secara bersamaan mukosa pada lambung mengeluarkan asam hidroklorida. Asam ini amat korosif sehingga paku pun sanggup larut dalam cairan ini.
Maag ialah kondisi saat lapisan lambung mengalami iritasi Obat Herbal | Sakit Maag Akut Apa Obatnya?
Sakit Maag Akut Apa Obatnya?
Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, maag dibagi menjadi dua, yaitu akut (berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan kronis (berkembang secara perlahan-lahan).
Lambung mempunyai sel-sel penghasil asam dan enzim yang mempunyai kegunaan untuk mencerna makanan. Untuk melindungi lapisan lambung dari kondisi radang atau pengikisan asam, sel-sel tersebut juga sekaligus menghasilkan lapisan “lendir” yang disebut mucin.
Maag sanggup disebabkan oleh banyak hal, antara lain abses bakteri, pemakaian obat penghilang rasa nyeri (obat antiinflamasi non steroid) secara terus menerus, konsumsi alkohol secara berlebihan, penggunaan kokain, stress fisik, sampai autoimun, radiasi, Crohn’s disease, dan faktor lain.
Penyebab tersering dari maag ialah abses basil yaitu basil Helicobacter pylori. Bakteri ini hidup dibagian dalam mukosa lambung yang melapisi dinding lambung. Kemungkinan basil ini ditularkan melalui masakan yang tercemar basil ini.
Selain infeksi, obat penghilang rasa nyeri juga sanggup mengakibatkan maag. Golongan NSAI (Non steroid Anti Inflammatory) menyerupai aspirin, ibuprofen, dan naproxen sanggup mengakibatkan peradangan lambung dengan cara menghambat produksi prostaglandin melalui blokade enzim siklooksigenase.
Hal ini mengakibatkan berkurangnya pedoman darah dilambung, sekresi mukosa, dan asam bikarbonat sehingga menjadikan peradangan.

Konsumsi alkohol secara hiperbola sanggup mengikis dan mengiritasi mukosa lambung sehingga dinding lambung lebih rentan terhadap asam lambung bahkan dalam keadaan normal. Penggunaan kokain juga merusak lambung dan mengakibatkan perdarahan. Konsumsi kafein hiperbola juga bisa menjadi penyebab.
Meskipun kebanyakan orang yang menderita maag akan mengatakan gejala, sebagaian lagi tidak mengatakan tanda-tanda sama sekali. Gejala yang umumnya muncul ialah nyeri, rasa tidak nyaman pada perut adegan atas, mual, muntah, dan gangguan pencernaan. Jika kondisi tersebut dianggap sebagai maag erosif, pasien akan mengalami kotoran yang berwarna hitam dan/atau muntah darah.
Maag sanggup menyebarkan komplikasi. Meskipun langka, ada kemungkinan bahwa maag kronis sanggup mengakibatkan kanker lambung, terutama kalau terdapat penipisan yang signifikan pada dinding lambung dan perubahan pada sel lambung. Pada perkara menyerupai ini, tanda-tanda kanker lambung juga muncul.

Sakit Maag Akut Apa Obatnya?
Pengobatan antibiotik dan obat-obatan yang bisa menangkal asam sanggup diminum untuk maag yang disebabkan oleh Helicobacter pylori. Di samping itu, anda harus menghindari alkohol serta Ibuprofen, Naproxen, dan Aspirin selama dalam masa pengobatan, supaya pengobatan yang dilakukan bisa efektif.
Anda sanggup memakai obat-obatan di bawah ini untuk membatasi jumlah asam di dalam perut anda:
  1. Antihistamine-2 (H2): Famotidine, Cimetidine, Ranitidine dan Nizatidine
  2. Pompa penghambat proton (PPI): Omeprazole, Esomeprazole, Iansoprazole, Rabeprazole và Pantoprazole.
  3. Obat antasida. Obat ini bisa meredakan tanda-tanda maag (terutama rasa nyeri) secara cepat dengan cara menetralisir asam lambung.
  4. Obat antibiotik. Obat ini diresepkan pada penderita maag yang kondisinya diketahui disebabkan oleh abses bakteri. Contoh obat antibiotik ialah amoxicillin, clarithromycin, dan metronidazole.
Selain itu, anda juga sanggup memakai cairan intravena dan obat-obatan yang sanggup mengurangi asam kalau maag anda memburuk.